Sebelas Terbaik dan Terburuk dari Ferguson

Selasa, Mei 14, 2013

Selama 26 tahun karirnya di United, Ferguson telah berurusan dengan banyak pemain. Kepada Anda, kami hadirkan pilihan kami atas sebelas pemain terbaik dan sebelas pemain terburuk United di era Ferguson.
Perjalanan seseorang tak selamanya mulus, begitu juga dengan Sir Alexander Chapman Ferguson yang tak selalu menuai sukses selama 26 tahun berkarir di Manchester United. Dalam memilih pemain pun, Ferguson tak selamanya benar. Kadang kala ia mendatangkan pemain yang biasa saja, di lain waktu ia membentuk seorang legenda. Namun tak jarang pula ia mendatangkan pemain yang tidak tepat.
Inilah pilihan kami akan sebelas pemain terbaik dan terburuk yang pernah bermain di Manchester United selama Ferguson bertakhta.
Ferguson’s Best XI (4-4-2)
Adu argumen tampaknya tak perlu kita lakukan di posisi ini. Siapapun pasti setuju bahwa Peter Schmeichel pantas dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki oleh United. Ia bahkan pantas masuk ke dalam tim terbaik dunia sepanjang masa.
Sepanjang delapan tahun karirnya di United, raksasa Denmark ini berhasil melakukan banyak penyelamatan gemilang yang membantu pasukan Ferguson merengkuh lima gelar juara Premier League, tiga Piala FA, satu Piala Liga, empat Charity Shield, satu Champions League, dan satu UEFA Super Cup termasuk menjadi bagian penting dari treble bersejarah tahun 1999.
Pemain yang selama membela United berhasil mempersembahkan 20 gelar juara kepada satu-satunya klub yang pernah ia bela ini merengkuh tujuh dari 20 gelarnya sebagai kapten United.
Sepanjang 19 tahun karirnya di United, Neville adalah contoh kerja keras, dedikasi, dan konsistensi. Bersama United pula ia berkembang menjadi salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki oleh Inggris.
Eks pemain Tim Nasional Serbia ini adalah salah satu alasan dari keberhasilan kedua Ferguson di ajang Liga Champions. Didatangkan dari Spartak Moscow pada 2006, Vidic segera menjadi sosok tak tergantikan di jantung pertahanan United. Atas ketangguhannya itu pula ban kapten sempat tersemat di lengannya walaupun ia bermain berpasangan dengan Rio Ferdinand yang telah lebih dahulu bermain bagi United.
Hingga kini, hampir semua gelar terbaik di Inggris, Eropa, dan tingkat dunia telah berhasil ia persembahkan dalam bentuk lima gelar juara Premier League, empat Community Shield, tiga League Cup, satu Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.
Ketangguhannya tak hanya diakui di United selaku tempat dimana ia rutin bermain selama tiga tahun sejak didatangkan dari PSV Eindhoven pada 1998. Dua tahun berturut-turut terpilih sebagai UEFA Defender of the Year adalah bukti nyata kehebatannya yang juga menjadi salah satu faktor kunci dari keberhasilan United dalam mencapai prestasi treble yang termahsyur itu.
Walaupun hanya bertahan selama tiga tahun di Manchester, ia tak pernah absen mempersembahkan trofi kepada United. Enam gelar juara ia persembahkan kepada Red Devils dan empat diantaranya ia raih pada tahun 1999.
Banyak pihak yang mungkin akan meragukan kehadiran Irwin di daftar ini karena ia memang dikenal sebagai pemain yang underrated. Namun kemampuannya dalam menyerang adalah tambahan yang sangat baik terhadap tugas utamanya sebagai pemain bertahan.
Walaupun berposisi sebagai bek kiri, pemain yang berkarir selama 12 tahun di United ini memiliki kaki kanan yang tak kalah baiknya. Dengan kemapuannya mengeksekusi bola mati, Irwin kerap kali mencetak gol penting bagi United.
Sulit sebenarnya menentukan siapa yang lebih pantas menduduki posisi ini. Apalagi David Beckham memiliki kesepahaman yang sangat baik dengan Gary Neville yang tak bisa tak masuk ke daftar ini. Namun transformasi yang ditunjukkan oleh Ronaldo membuatnya pantas mendapatkan satu tempat di sini.
Datang sebagai pemuda yang tak mengerti sepakbola sebagai permainan tim, Ronaldo mau belajar sehingga berunahh dari seorang pemain individualis menjadi sosok penting dalam skema permainan yang dimiliki oleh Ferguson. Selain tentu saja kemampuan individunya yang berkembang pesat, Ronaldo berkemang dari sosok pemberi umpan ke pencetak gol. Tak puas dengan open play, Ronaldo menjadi tumpuan di bola-bola mati. Sepanjang 2003 hingga 2009, ia berubah menjadi sosok yang nyaris sempurna.
Bayangkan United tanpa Roy Keane. Sekarang mungkin Anda bisa dengan mudah melakukan hal tersebut, namun pada masa jayanya, kehilangan Keane adalah mimpi buruk bagi United. Semangat juangnya yang tinggi seringkali menjadi alasan kemenangan dan kebangkitan United.
Ia juga merupakan sosok pejuang sejati yang tak ragu berduel dan bertarung dengan pemain lawan demi membela rekan-rekan dan timnya. Tak perlulah kita semua mempertanyakan pengorbanan yang ia lakukan demi United.
Selain melengkapi kehadiran Keane yang tak akan berarti apa-apa tanpanya, Scholes memang salah satu yang terbaik yang pernah United miliki sepanjang masa. Kemampuan passing dan shootingnya yang sangat baik menjadikannya gelandang yang serbabisa. Menjadi dirigen permainan, menjadi pemecah kebuntuan dari lini kedua, menjadi pemutus serangan lawan, semua mampu dilakukan dengan baik oleh the Ginger Ninja.
Steven Gerrard dan Zinedine Zidane bahkan nyata-nyata mengakui bahwa Scholes adalah salah satu lawan terbaik yang pernah mereka hadapi. Keputusan pensiunnya yang pertama membuat banyak pihak tak rela melepas kepergiannya dan kedatangannya kembali ke Old Trafford disambut dengan sukacita.
Carilah satu nama yang rutin bermain di setiap musim Premier League sejak pertama kali digulirkan hingga sekarang dan tak pernah absen mencetak gol, maka Anda pasti tak bisa menemukan sosok lain selain Ryan Joseph Giggs. Gol memang tak serta merta bisa menjadi acuan, namun hal itu adalah bukti nyata dari konsistensi permainan yang ia tunjukkan.
Kendati sudah berusia 39 tahun, Giggs tak menunjukkan tanda-tanda bahwa ia mengalami penurunan kualitas dan kehilangan loyalitas terhadap United.
Didatangkan dari PSV Eindhoven dengan riwayat cedera yang normalnya akan membuat banyak klub berpikir dua kali untuk membelinya, van Nistelrooy terbukti menjadi perjudian yang berhasil. Di United, ia mungkin tak mampu melakukan banyak hal seperti Ronaldo dan Scholes namun ia memiliki apa yang United butuhkan dan ia melakukan keahliannya dengan sangat baik.
Seorang penyerang ulung yang mampu mengkonversi peluang dengan baik, Ruudtje mempersembahkan 95 gol dan empat gelar bagi United sebelum akhirnya berlabuh di Real Madrid.
Raja Old Trafford, janggal rasanya jika King Eric tak masuk ke dalam daftar ini. Walaupun sering bertingkah aneh dan memiliki tempramen yang buruk, Cantona adalah salah satu pemain terhebat yang pernah bermain bagi United. Apa yang ia lakukan selama lima tahun karirnya di United adalah bukti nyata kehebatan yang datang dari kejeniusan yang ia miliki.
Saat Ferguson memutuskan untuk mendatangkannya pada 1992, United sedang menjalani puasa gelar juara liga yang telah berlangsung selama 25 tahun. Tak hanya membantu United mengakhiri rangkaian tahun-tahun buruk yang mereka jalani di musim pertamanya di Manchester, Cantona menambah tiga gelar juara liga lagi dalam lima tahun karirnya bersama United. Itu belum termasuk dua gelar juara Piala FA san tiga Charity Shield.
Ferguson’s Worst XI (3-4-3)
Orang mungkin akan maklum dengan minimnya kesempatan bermain yang didapatkan oleh Taibi karena ia memang berada di United saat Peter Schmeichel sedang berada dalam masa kejayaannya. Namun dari empat kesempatan yang diberikan oleh Ferguson sepanjang karirnya di United, Taibi tak sekalipun bermain baik dan selalu melakukan kesalahan mendasar.
Berhasil mencatatkan penampilan perdana di tim utama United kala bertanding melawan Quuens Park Rangers karena United mengalami krisis defender, Prunier yang kala itu masih menjalani trial kembali dipercaya bermain di pertandingan melawan Tottenham Hotspur. Disinilah Fergie mulai yakin bahwa ia tak menginginkan Prunier karena pemain plontos itu dinilai menjadi alasan utama kekalahan besar United di tangan Spurs.
Pemain asal Irlandia Utara ini menjadi sosok yang menjanjikan dengan apa yang ia tunjukkan di tim muda United. Ketika mendapatkan kesempatan bermain di pertandingan yang relatif mudah melawan York City di Piala Liga, McGibbon menghancurkan peluangnya sendiri dengan bermain buruk. Ia kemudian menghabiskan dua musim di luar United sebagai pemain pinjaman sebelum resmi dilepas oleh pihak klub.
Kepergian Jaap Stam membuat United membutuhkan defender yang sama tangguhnya dengan segera. Nama Blanc yang terkenal sebagai juara Piala Eropa 2000 dan Piala Dunia 1998 serta pemain terbaik keempat Perancis sepanjang masa tampak lebih dari cukup untuk menambal lubang yang ditinggalkan oleh pemain Belanda tersebut. Nyatanya, di musim pertama Blanc berkostum United, klub itu mengakhiri musim dengan posisi terburuk di Premier League sepanjang sejarah mereka; ketiga. Tak hanya itu, United juga mengakhiri musim tanpa satupun gelar juara, pertama kali dalam empat tahun.
Putra dari pemain legendaris Belanda ini bukanlah pemain yang buruk, terbukti dengan keberhasilannya merangsek naik ke tim utama Barcelona saat sang ayah menjadi manager di sana. Bagaimanapun, karirnya di United tak semulus harapan. Walaupun ia ikut merasakan gelar juara, Jordi hanya bermain sebanyak 55 kali selama empat musim di United.
Sulit memang memenuhi ekspektasi publik ketika Anda diminta untuk menjadi penerus dan pelapis sepadan dari Roy Keane. Keputusan untuk melepasnya ke Aston Villa diharapkan United mampu menjadi win-win solution agar sang pemain kembali mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Nyatanya, ia tetap gagal bersama the Villans.
Salah satu aktor utama dalam keberhasilan Tim Nasional Brasil menjadi juara dunia di Piala Dunia Korea-Jepang, Kleberson didatangkan ke United oleh Fergie sebagai pengganti dari Juan Sebastian Veron yang karirnya di United dinilai tak terlalu baik. Nyatanya, Kleberson bermain sama kacaunya dan akhirnya dilepas ke Besiktas.
Tak perlu berkecil hati jika Anda mengaku sebagai fans sejati United dan tak pernah mendengar nama Ralph Milne karena ia memang tak pernah benar-benar bermain di tim utama United di sebuah pertandingan resmi. Walaupun pihak klub hanya mengeluarkan dana sebesar 170 ribu poundsterling untuk mendatangkannya, Ferguson yang tak pernah memberinya kesempatan bermain saja tak mampu menahan diri untuk menyebut Milne sebagai pembelian terburuk yang pernah ia lakukan.
Jalan hukum harus ditempuh untuk menjadikan David Bellion secara resmi berstatus pemain United. Didatangkan kala masih berstatus sebagai pemain Sunderland, kasus Bellion dibawa ke meja hijau dan United terbukti bersalah sehingga harus membayar sejumlah uang kepada pihak Sunderland. Belum lagi tercorengnya nama baik mereka di mata hukum dan masyarakat awam. Pada akhirnya, pengorbanan United menjadi terlihat sia-sia karena Bellion hanya mampu menyarangkan empat gol selama berkarir di United.
Ya, Diego Forlan memang salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Uruguay, Villareal, dan Atletico Madrid. Tak perlu juga kemampuan mencetak golnya dipertanyakan, terlebih prestasinya di atas lapangan. Namun kita semua tak dapat menutup mata bahwa dirinya memang tak sukses di United. Forlan membutuhkan delapan bulan untuk pada akhirnya mencetak gol pertamanya bagi United. Secara keseluruhan, ia hanya mampu menyarangkan 17 gol selama tiga tahun di Old Trafford.
Sempat menjadi pemberitaan dunia karena berstatus sebagai pemain China pertama yang mampu bermain bagi United, kombinasi nasib buruk dan inkompetensi menjadikannya mengalami masa-masa sulit di United. Dengan sulitnya pengurusan izin kerja di Inggris, Dong Fangzhuo membutuhkan waktu dua tahun untuk secara resmi terdaftar sebagai pemain United dan ia membutuhkan waktu tiga tahun untuk melakoni debutnya dan itupun ia raih di pertandingan liga yang sudah tak penting bagi United karena mereka telah memastikan gelar juara. Dinilai tak cukup berguna bagi klub, kontraknya diputus secara baik-baik sebagai win-win solution bagi dirinya dan pihak klub, serta agar nomor punggung yang ia kenakan dapat diberikan kepada Rafael da Silva.

sumber: supersoccer

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

MABDJ. Diberdayakan oleh Blogger.

This is My Life. This is My Choice. and I Like That. Welcome, My Name is fahry

Translate

Detik News

Supersoccer.co.id